Synthetic Pink Sapphire dengan inklusi menyerupai Natural

sintteik wordpress 5
Salam untuk kita semua,
kami ada pembahasan yang menarik, kebetulan sekali, kemarin, Jakarta lab dan Surabaya Lab memeriksa 2 buah pink Sapphire yang karakter dan inklusinya hampir sama, kebetulan lainnya juga, kedua pink Sapphire ini diklaim oleh pemiliknya sebagai batu Natural. Nah yang menarik disini, setelah kami analisa, kami sampai pada tahap kesimpulan bahwa pink Sapphire tersebut adalah Synthetic, 100% tanpa keraguan, bukan Natural seperti yang diklaim oleh pemilik batu.
Bagi kami case ini penting untuk diulas, utamanya agar kita semua mendapat wawasan, bahwa terkadang batu Sintetik pun dapat memiliki pola inklusi seperti Natural, karena itu, analisa secara komprehensif sangat diperlukan. Dalam proses analisa menentukan Natural atau Sintetik, tidak bisa kita hanya berpatokan terhadap satu tanda, tapi diperlukan setidaknya 2 sampai 3 bukti. agar hasil analisa menjadi lebih akurat. Metode analisa yang kami lakukan adalah sebagai berikut, RI, Spectrum test, UV-Vis Test, Analisa Inklusi, serta UV light reaction. Tapi dalam article singkat ini, kami akan fokus menjabarkan dua hal, yaitu pola Inklusi serta UV reaction. Langsung saja kami akan mulai membahas Inklusi yang kami temukan dan pahami dimana letak kesalahan bisa terjadi;
1. Bohemite Needle
Nah, jika ada satu inklusi yang umumnya ditemukan atau diidentifikasi sebagai ciri natural adalah Bohemite Needle, biasanya Bohemite needle sangat sering ditemukan pada Natural Sapphire. Tetapi tidak untuk case yang satu ini,  intersecting bohemite yang kami temukan pada pink Sapphire ini justru membentuk pola yang mencurigakan, pertama, setiap bohemite yang terlihat selalu mengikuti parting plane atau twinning, dan yang kedua, pola antar bohemite sangat rapih dan tertata. Dua hal lantas dapat dijadikan landasan untuk mencari tanda lainnya guna mengkonfirmasi kecurigaan kami.
sintetik wordpress 2
gambar berikutnya juga menunjukan adanya needle yang hanya berorientasi satu arah.
sintetik wordpress 4
Masih sama, ini adalah contoh-contoh needle yang ditemukan pada Synthetic Pink Sapphire
sintetik wordpress 3
2. Gas Bubbles
Pastinya kita semua sudah tidak asing dong dengan istilah gas bubbles, inklusi yang satu ini bisa ditemukan dibanyak contoh kasus, misal pada manmade glass, natural glass, celah crack treatment pada Ruby (lead glass umumnya), serta pada synthetic Corundum. Biasanya nih, gas bubble di synthetic Corundum cukup mudah untuk diidentifikasi, karena seringnya gas bubbles itu ada banyak, dan terkonsentrasi pada titik tertentu mengikuti pola curve color band. Nah, jangan salah, tidak semua gas bubble memiliki pola seperti itu
Nah, ini adalah gb serta wispy veil yang umum dijumpai pada synthetic ruby ataupun synthetic sapphire
Ynthetic Ruby wordrpress
Sedangkan pada kasus tertentu, gas bubbles pada synthetic sapphire tak jarang dijumpai dalam jumlah yang sedikit dan tersebar dibeberapa titik dalam batu, seperti pada kasus pink sapphire yang kami bahas ini, gas bubble kami temukan hanya dua, dan itupun cukup kecil, sehingga hanya satu yang dapat kami ambil gambarnya. Tetapi, gas bubbles seperti ini sangat riskan terjadi salah identifikasi, bagaimana jika ternyata inklusi ini adalah minute crystal bukan gas bubbles? Untuk membuktikan apakah ini gas bubble atau tidak, kita bisa menggunakan fiber optic light, dan menembak langsung kearah inklusi, apabila crystal, maka cahaya dari fiber optic tidak serta merta akan menembus inklusi tersebut, dan apabila gas bubbles, cahaya akan tembus begitu saja. Selain itu, setidaknya kita bisa memperhatikan bentuk dari inklusi tersebut, gas bubbles akan berbentuk bulat hampir sempurna dan biasanya terlihat gelembung didalam gelembung udara. Mohon maaf difoto kami tidak berhasil menunjukan ciri ini karena gas bubbles pada case kali ini terlampau kecil dan terdapat pada sudut yang menyulitkan kami mendapat gambar dengan sempurna.

Gb for wordpress

 

Setelah berhasil mengkonfirmasi dua pola Inklusi diatas, kami juga melihat konsistensi batu tersebut terhadap reaksi lampu UV. Sedikit informasi, Burmese Ruby memiliki reaksi UV yang terkuat diantara seluruh Ruby dikarekanakn kandungan Chromiumnya yang tertinggi diantara Ruby-Ruby dari negara manapun, dan pada umumnya, Synthetic Ruby atau Synthetic Pink Sapphire akan menyala melebihi Burmese Ruby, hal ini dapat dijadikan acuan tambahan guna memperkuat hasil analisa yang telah kami temukan sebelumnya.  Dalam foto dibawah ini, Batu Sebelah kanan adalah Burmese Ruby, yang biasanya menyala terang serta memiliki hint ke orange-an dan yang sebelah kiri adalah batu Synthetic Pink Sapphire yang menjadi pembahasan kita kali ini. Synthetic Pink Sapphire menyala terang secara sempurna, bahkan sampai melebihi Burmese Ruby.

d2bdcba7-0018-450a-8dc0-6bdcbca2dacd
Dari hasil analisa ini, serta beberapa metode lain seperti Uv-Vis, kami berhasil menyimpulkan bahwa Pink Sapphire yang kami lakukan pemeriksaan ini adalah Synthetic yang tidak biasa dan bisa membingungkan. Karena itu, diperlukan analisa secara komprehensif dalam observasi yang dilakukan.

Terima Kasih.

 

Written by Adam Harits, G.G, supported data by Ming Ma, G.G dan Muhammad, A.G.

Advertisements

Published by adamharits

well, i hope to provide you with some interesting insight about gemstones! enjoy ;)

One thought on “Synthetic Pink Sapphire dengan inklusi menyerupai Natural

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: