OBRAL INTEGRITAS: Terlena dengan budaya membodohi sesama


Gila juga liat “lab” yg asal sebut origin. Dari sekian banyak penulisan Origin yg asal-asalan, paling dahsyat itu ketika Moldavite ditulis Origin Ceko. Ini kan levelnya sudah sampai tahap mengkhawatirkan. Coba dong berikutnya tulis juga origin ‘Gemologist’nya hehehe. 

Saya selalu bilang ke customer yang nanya kenapa batu a, batu b, batu c, gak bisa dicek originnya? Saya selalu jawab, anda mau saya copy origin dari google terus cantumkan di sertifikat? Bisa aja gampang itu, tinggal copy, masuk kantong juga lebih kok. Enak disaya tp rugi di anda. Bayar mahal-mahal eh dibohongin. Modal bohonginnya cuma langganan internet perbulan pula supaya bisa akses mbah google. Huhu. Sedih gak, sih? 
Wahai para praktisi “lab” kembali lah ke jalan yg lurus. Jangan terus-terusan gadaikan integritas dan kredibilitas kalian demi keuntungan semata. Its not worth it. Berikan edukasi yg bermanfaat, bukan terus-terusan terlena dengan budaya membodohi sesama. 
Berbenah lah sebelum terlambat. 

Sekian dan terima kasih.

Adam Harits, G.G

Keterangan:

*Lab tanda kutip. Berarti saya tidak anggap praktisi ini sebagai lab. 
*Status ini tidak dibuat untuk menyinggung Lab yg dibangun penuh tanggung jawab seperti lab kawan-kawan saya yg tergabung dalam wadah diskusi gemologist. Dan tidak alasan juga bagi kawan-kawan saya untuk tersinggung karena celotehan ini juga mungkin sudah lama menari-nari dipikiran mereka. Saya gak perlu sebut satu-satu ya. 
*saya tidak membahas kesalahan lab, karena sehebat apapun akademisi didalamnya, pasti lab pernah salah. Lab terbaik dan terbesar didunia yang menjadi kiblat dunia batu permata pun pernah melakukan kesalahan. Apalagi kita yg masih terus belajar meningkatkan kualitas agar menjadi yang terbaik. Yang saya bicarakan disini konteksnya adalah pembohongan dan pembodohan publik. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s