Treatment pada batu mulia (Gemstone Treatments)

 

316609_167822503311689_520726841_nTahukah anda bahwa treatment pada batu mulia sejatinya telah ada sejak dua ribu tahun yang lalu? Meski begitu, penjelasan awal mengenai treatment pada batu mulia baru dijabarkan oleh Pliny the Elder, seorang Filsuf Romawi yang hidup pada tahun 23 – 79 Masehi. Ia menulis mengenai banyak hal, seperti astronomi, biologi, pertanian dan lainnya, termasuk didalamnya mengenai treatment pada batu mulia. Pliny menjelaskan bagaimana minyak, dan pewarnaan dapat digunakan untuk meningkatkan penampilan batu mulia. Treatment, khususnya pada batu mulia dapat diartikan sebagai suatu proses perawatan terhadap batuan yang bertujuan untuk meningkatkan penampilan batu mulia dalam beberapa aspek.

Perkembangan treatment batu mulia pada saat ini sudah jauh diluar dugaan banyak pihak. Bahkan mungkin pelaku treatment itu sendiri. Dua sampai tiga puluh tahun yang lalu, treatment pada batu mulia tidak sebanyak saat ini. Pada saat itu, treatment yang sudah menjadi perhatian publik dan menjadi rahasia umum salah satunya adalah Emerald. Jadi tiga puluh tahun yang lalu, hampir sebagian besar pecinta batu mulia tidak terlalu khawatir akan treatment pada batu mulia. Kondisi tersebut tentu jauh berbeda dengan situasi saat ini, dimana para pelaku batu mulia, baik penjual, pembeli serta institusi terkait semakin kritis dan peduli terhadap treatment itu sendiri.

Menarik memang jika melihat fenomena treatment pada batu mulia dari kacamata pecinta batu permata. Di satu sisi, treatment menimbulkan kerancuan serta kebingungan. Apalagi bagi yang masih awam dalam dunia perbatuan. Namun, jika kita melihat dari sudut pandang yang berbeda, sejatinya treatment juga memiliki dampak positif bagi kelangsungan pasar batu mulia dalam skala global. Pernahkah anda membayangkan, berapa banyak batu permata yang tidak dapat diperjual belikan, karena clarity yang kurang baik, atau warnanya yang tidak cukup atraktif? Contoh paling mudah yang dapat sedikit memberikan gambaran adalah mineral Corundum. 95% Corundum telah ditreatment dengan  pemanasan. Saya asumsikan tanpa adanya heat treatment pada Corundum maka kita hanya dapat melihat Corundum yang indah sesekali dengan harga yang tidak masuk akal. Tentu transaksi perdagangan Corundum akan sedikit banyak terhambat.

Treatment pada dasarnya memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung jenis batu yang akan di treatment. Berikut adalah tujuan umum dari treatment;

  1. Merubah, meningkatkan ataupun menghilangkan warna pada batu
  2. Meningkatkan kejernihan
  3. Meningkatkan luster (kemilau)
  4. Mingkatkan ketahanan

Beberapa jenis treatment yang sudah dikenal secara umum adalah heat treatment (pemanasan), irradiation (Radiasi), dyeing (pewarnaan), fracture filling, lattice diffusion, bleaching, impregnation, dan sugar and smoke treatment.

 

Heat treatment

tradisional heat
Traditional method of heating. Source:GIA

 

Heat treatment (pemanasan) merupakan salah satu treatment yang paling umum dikenal dan sudah cukup lama dilakukan. Proses heat treatment dapat dilakukan secara tradisional, seperti yang banyak dilakukan masyarakat Sri Lanka, ataupun proses pemanasan yang lebih canggih dengan menggunakan alat-alat besar seperti di Thailand. Tingkat keberhasilan dari proses heat treatment ini ditentukan dari Beragam faktor, mulai dari temperatur, rasio ketika memanaskan dan mendinginkan, waktu, udara disekitar, komposisi kimia dari batu mulia yang dituju serta peralatan yang digunakan. Karenanya tidak kaget apabila Ahli-ahli treatment sangat dihargai ilmunya oleh pecinta batu mulia.  Pemanasan batu mulia dapat dimulai dari 400 derajat celcius sampai 1800 derajat celcius keatas, tergantung tujuan dan jenis batu mulianya. Sejatinya, dalam proses pembentukan suatu mineral, juga melibatkan tekanan dan panas yang sangat tinggi dalam perut bumi, dan heat treatment dapat diterima secara luas karena prosesnya yang sedikit banyak mengadopsi cara kerja alam ketika proses pembentukan mineral terjadi. Dewasa ini, heat treatment pun ada yang melibatkan chemical seperti Borax, Lead Glass, Resin, dan bahkan yang terkini melibatkan elemen Cobalt guna memberikan warna biru.

ruby
Before (left) and after (right) heated. Source: http://www.tnjcolors.com

Tujuan utama dari heat treatment adalah untuk memodifikasi warna pada batu mulia yang dituju. Harap diperhatikan bahwa ada heat treatment pada batu mulia ada yang dapat di deteksi dan diklasifikasikan (Ruby dan sapphire), dan ada juga yang sifatnya tidak dapat terdeteksi dan sudah cukup lumrah (Tanzanite, Amethyst, Citrine, Ametrine, Zircon, Aquamarine, Amber, Topaz, Tourmaline, Kunzite dan lainnya).

 

Lattice Diffusion

Lattice diffusion adalah treatment yang cara kerjanya hampir sama dengan heat treatment, hanya saja, treatment ini secara khusus memasukan elemen iron dan titanium kedalam Corundum sedalam 0.01 mm – 0.50 mm dari permukaan batu. Agar kedua elemen diatas dapat masuk, dibutuhkan pemanasan yang sangat tinggi, bahkan hampir mendekati titik leleh Corundum, yaitu pada suhu 2050 derajat celcius. Baru-baru ini, Lattice diffusion juga ditemukan pada Spinel.

 

Fracture Filling

Satellite (2)
Filling in Natural Emerald. Source: GIA

Fracture Filling adalah pengisian minyak/resin yang tidak berwarna dengan tujuan menyamarkan crack (retakan halus) pada batu guna meningkatkan kejernihan batu tersebut. Crack yang tadinya terlihat jelas lantas akan menjadi samar karena terisi oleh material tersebut. Fracture filling umumnya dilakukan pada Emerald dan juga Corundum. Bedanya, pengisian oil/resin pada Emerald tidak memerlukan proses pemanasan. Hal ini tentu berbeda dengan pengisian glass pada Ruby, dimana pemanasan hingga suhu 900 derajat celcius dibutuhkan agar glass dapat masuk.

Different Luster in Natural Lead-Glass Filled Ruby
salah satu indikasi adanya fracture filling dengan proses hear + lead glass pada Natural Ruby. Source: GRI inclusion gallery

 

Bleaching

Bleaching adalah suatu treatment yang bertujuan untuk menghilangkan warna atau setidaknya mengurangi dengan menggunakan bahan kimia tertentu. Tujuannya tentu untuk meningkatkan penampilan batu yang kurang menarik, bisa dikarekan adanya flek hitam, atau inklusi yang mengganggu penampilan batu secara keseluruhan.

 

Colorless Impregnation

Colorless impregnation pada dasarnya yaitu suatu proses dimana wax, resin, atau polymer yang sudah meleleh digunakan untuk mengisi pori-pori atau juga retakan pada batu tertentu. Turquoise adalah salah satu batu yang sangat umum ditreatment dengan cara ini. Tujuannya adalah selain meningkatkan penampilan, juga untuk meningkatkan ketahanan batu tersebut.

 

Dyeing

Satellite (1)
Dyeing in Natural Agate. source : GIA

Salah satu treatment yang paling ‘uzur’, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Cara kerjanya adalah dengan memasukan warna tambahan kedalam batu. Metodenya pun bermacam-macam. Umumnya, batuan yang memiliki pori-pori atau juga crack sangat mudah untuk dilakukan pewarnaan. Chalcedony dan Lapis Lazuli merupakan jenis batuan yang sangat sering kita temukan telah di dyed.

 

Coating

 

coating layer in natural emerald
Coating layer in Natural Emerald. Source: GRI inclusion gallery

Coating dilakukan dengan melapisi permukaan batu, biasanya pada bagian bawah atau belakang batu, untuk memberikan warna yang diinginkan. Misal, pada Emerald yang berwarna hijau muda, dilapis agar menjadi hijau pekat.

 

Sugar And Smoke Treatments

 Kedua treatment ini biasanya dilakukan pada Opal dengan tujuan menggelapkan/menghitamkan warna dasar dari Opal itu sendiri. Sugar treatment dilakukan dengan cara merendam Opal dalam larutan gula yang panas dalam beberapa hari, baru setelahnya direndam dalam cairan asam sulfat (sulfuric acid) dan dipanaskan pada suhu 100 derjacat celcius, satu sampai dua hari. Cairan asam akan merubah gula menjadi carbon, yang pada akhirnya menggelapkan atau menghitamkan Opal.

Smoke treatment dilakukan dengan cara membungkus Opal dengan kertas, lalu dilapis alumunium foil, dan setelahnya kembali dilapis dengan kertas cokelat. Setelah Opal terbungkus, berikutnya dilakukan pemanasan sampai kertas pembungkus berubah menjadi carbon. Smoke treatment ini tidak terlalu umum dilakukan dibanding dengan Sugar treatment.

Irradiation

Satellite (4)

Treatment radiasi dengan x-rays atau gamma rays bertujuan untuk merubah warna pada batu. Treatment radiasi sebenarnya dapat diaplikasikan pada banyak jenis batu, seperti Chrysoberyl, Corundum, Beryl, Spodumene, Topaz, dan banyak lainnya, namun dikarenakan setiap batu memiliki reaksi, serta ketahanan radioaktif yang berbeda ditambah efek samping yang berbahaya bagi manusia, treatment radiasi tidak lah popular.

Radiasi pada Topaz adalah pengecualian. Topaz adalah salah satu batu dimana zat radioaktif tidak bertahan lama. Sebagai perbandingan, zat radioaktif karena radiasi pada Chrysoberyl dapat bertahan sampai lebih dari lima tahun. Sedangkan pada Topaz hanya beberapa bulan saja sampai pada tahap radioaktif tersebut tidak lagi berbahaya. Nuclear Regulatory Commission (NRC) bahkan mempunyai peraturan khusus untuk setiap Topaz hasil radiasi yang ingin di edarkan.

 

Dapat dipastikan kedepannya akan banyak treatment-treatment baru yang bermunculan. We just have to be prepared, cepat mempelajari dan memahami, agar tidak salah dalam menyikapi setiap treatment baru yang akan muncul.

 

Adam Harits, G.G.

Referensi:

 

Treatments. (2002). USA: Gemological Institute of America

Weldon, Robert. An Introduction to Gem Treatments. USA: Gemological Institute of America.

Waitz, Roland and High Therm, Linn. Heat Treatment of Gemstones

Soe Moe, Kyaw., Moses, Thomas., Johnson, Paul. (2007). Polymer-Impregnated Turquoise. USA: Gems and Gemology

Nassau, Kurt. (1984). The Early History of Gemstone Treatments. USA: Gems and Gemology.

Gemstones Information Manual. [n.d]. diperoleh pada Februari 4, 2016 dari website: http://www.agta.org/gemstones/agta-gim.pdf

Colored Gemstones. [n.d]. diperoleh pada Februari 6, 2016 dari website: http://www.sgtk.ch/rkuendig/dokumente/FS2013_Gemstones_c.pdf

Irradiated Gemstones. [n.d]. diperoleh pada Februari 7, 2016 dari website: https://www.ohio.edu/riskandsafety/radiationsafety/irradiated.htm

Irradiation Gemstones. [n.d]. diperoleh pada Februari 7, 2016 dari website: http://www.yourgemologist.com/irradiation.html

Backgrounder on Irradiated Gemstones. [n.d]. diperoleh pada Februari 7, 2016 dari website: http://www.nrc.gov/reading-rm/doc-collections/fact-sheets/irradiated-gemstones.html

How are Gemstones treated and enhanced. [n.d]. Diperoleh pada Februari 6, 2016 dari website: https://www.gemsociety.org/article/gemstone-treatment-and-enhancement/

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s